analisis swot






Pengertian analisis SWOT menurut Freddy Rangkuti (2006:18) adalah  identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi  perusahaan, dimana setiap perusahaan harus bisa memaksimalkan setiap kekuatan (Strength) dan peluang (Oppourtunities) dan bias meminimalkan kelemahan (Weakness) serta ancaman (Threats).
Pengertian Analisa SWOT menurut Philip Kotler adalah sebuah bentuk analisa situasi dan kondisi yang bersifat deskriptif (memberi gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan kondisi sebagai sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing.

BAGAN ANALISIS SWOT MCDONALD’S INDONESIA

1.   Analisa Kekuatan (STRENGTH)

Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Adanya sistem delivery order
yg mudah digunakan oleh konsemuannya
    3
   0,21
    4
 0,84
Outlet perusahaan  ditempatkan
di wilayah yg strategis dan mudah di jangkau
    3
   0,21
    3
0,63
Adanya pengakuan atas merk
    4
   0,28
    4
 1,12
Tempat penjualan yg bersih dan
adanya tempat bermain untuk anak-anak
    4
   0,28
    4
 1,12
TOTAL
    14
  0,98
  15
3,71
 Ukuran Pembobotan                                                   Ukuran Rating
1 = Sedikit penting                                                      1 = Sedikit kuat
2 = Agak penting                                                         2 = Agak kuat
3 = Penting                                                                   3 = Kuat
4 = Sangat penting                                                       4 = Sangat kuat

2.   Analisis Kelemahan (WEAKNESS)

Faktor Strategis
   Nilai
 Bobot
  Rating
  Skor
Harga yg kurang kompetitif
    3
  0,23
     4
  0,92
Inovasi terhadap produk kurang
memiliki spesifikasi tertentu
    4
  0,30
     3
  0,9
Management of franchises
kurang memperhatikan integritas klien
    3
  0,23
     4
  0,92
Teknik pemasaran dan
periklanan hanya di utamakan pada anak-anak
    3
  0,23
     4
  0,92
TOTAL
    13
  0,99
    15
  3,66
Ukuran Pembobotan                                                      Ukuran Rating
1 = Sedikit penting                                                       -1 = Sedikit Lemah
2 = Agak penting                                                          -2 = Agak Lemah
3 = Penting                                                                   -3 = Lemah
4 = Sangat penting                                                       -4 = Sangat Lemah
3.   Analisis Peluang (Opportunity)


Faktor Strategis
Nilai
Bobot
Rating
Skor
Melakukan penjualan online
sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan
    3
  0,25
    2
  0,5
Mengembangkan secara terus
menerus pangsa pasar terutama
    2
  0,16
     2
  0,32
Meneruskan untuk menggunakan
teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan
    3
  0,25
     3
  0,75
Makanan yang praktis dan siap
saji untuk masyarakat
    2
  0,16
     2
  0,32
Adanya minat masyarakat
terhadap makanan siap saji
    2
  0,16
     3
  0,48
TOTAL
    12
  0,98
    12
  2,37
Ukuran Pembobotan                                                   Ukuran Rating
1 = Sedikit penting                                                      1 = Sedikit Berpeluang
2 = Agak penting                                                         2 = Agak Berpeluang
3 = Penting                                                                  3 = Berpeluang
4 = Sangat penting                                                      4 = Sangat Berpeluang
4.        Analisis Ancaman (Threats)

Faktor strategis
  Nilai
 Bobot
 Rating
  Skor
Industri makanan cepat saji
merupakan sektor yg sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat
    4
   0,23
    4
  0,92
Persamaan strategi pemasaran
dengan perusahaan lain
    3
  0,17
    4
  0,68
Adanya tekanan dari beberapa
pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas
    4
  0,23
    3
  0,69
Adanya anacaman dari
kompetitor lokal di negara yg berbeda-beda
    3
  0,17
    3
  0,51
Produk yg di produksi
keunggulannya di bawah kompetitor
    3
  0,17
    4
  0,68
TOTAL
   17
  0,97
   18
  3,48
Ukuran Pembobotan                                                   Ukuran Rating
1 =Sedikit penting                                                      -1 = Sedikit Mengancam
2 =Agak penting                                                         -2 = Agak Mengancam
3 =Penting                                                                   -3 = Mengancam
4 =Sangat penting                                                       -4 = Sangat Mengancam

Hasil analisis

Analisa Fakor
Total Skor
Strength
3,71
Weakness
3,66
Opportunity
2,37
Treath
3,48

Comments

Popular posts from this blog

Cerita Riwayat Dalam Bahasa Aceh RAJA BAKOY GEUPOEH

Glikolisis adalah serangkaian reaksi

pantun